Tips sebelum manggung (buat anak band)

Sebagai seorang penghibur di atas panggung kita memang dituntut untuk menampilkan perform yang maksimal. namun apa jadinya bila sebelum naik ke atas panggung kita terlebih dahulu diserang virus nervous atau grogi.?? ga kebayang hasil perform kita nanti dipanggung.
hal ini terjadi bukan hanya pada band/penyanyi baru, band/penyanyi yang sudah memiliki banyak jam terbang pun kadang masih terkena gejala tersebut. mungkin beberapa tips yang di tulis berdasarkan pengalaman AITER selama manggung dapat sedikit membantu anda mengatasi masalah nervous / grogi.

1. 20menit sebelum tampil atau 1 band sebelum band anda tampil, pastikan alat yang anda bawa sudah dalam kondisi siap. gunakan tuner untuk memastikan gitar atau bass tidak fals.

2. lakukan pemanasan. hal ini sangat diperlukan agar saat perform di atas panggung tidak terjadi lupa kord, lirik atau ketukan drum.

3. jika saat itu anda sudah mulai merasa grogi (biasanya dikarenakan band sebelum anda memiliki perform sangat bagus), minumlah sedikit air putih dan lakukan sebuah kegiatan. bisa tetap pemanasan atau berjalan-jalan disekitar panggung.

4. 5menit sebelum anda naik panggung atau 1 lagu terakhir sebelum band anda tampil, cek kembali gitar dan bass anda menggunakan tuner.

5. minumlah air putih dan lakukan doa bersama.

sedikit tambahan: pastikan anda selalu menyiapkan lagu lebih dalam setiap kali tampil, 1 atau 2 lagu. hal ini untuk berjaga-jaga andaikan band sebelum anda ternyata membawakan lagu yang sudah anda persiapkan. apalagi penampilan mereka jauh lebih bagus dari anda. wahh,, bisa lemes dengkul kalo ga punya lagu cadangan. dan lagu tersebut juga bisa dibawakan apabila setelah lagu terakhir ada penonton yang berteriak "lagi... lagi... lagi....".

sekian tips yang di tulis berdasarkan pengalaman AITER selama manggung. kurang lebihnya mohon maaf. semoga bermanfaat.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sangat membantu sob
sukses terus deh.