Masalah Anak Band & Cara Mengatasinya

Banyak sekali masalah yang dihadapi oleh sebuah band baik dalam mempertahankan keutuhan band itu sendiri sampai dengan cara agar band tersebut menanjak dari satu tahap yang lebih baik, biasanya masalah tersebut datang dari personel itu sendiri atau dapat juga disebut dengan masalah intern. Berbagai macam perbedaan seperti perbedaan persepsi,perbedaan prinsip,ini semua dapat membuat goyah bahtera dari perjalanan sebuah band,seperti dalam sebuah band terdapat perbedaan misi , ada yang menganggap kalo dia main band hanya sekedar mengisi waktu luang dan gag punya optimisme yang tinggi untuk terhadap perkembangan band itu sendiri, ada yang cuma kepengen mengambil simpati cewek2 incarannya saja, tapi ada juga yang kepengen maju dan menghasilkan uang dari band-nya tersebut, kalo sudah begini band tersebut musti ngerembuk dan mengkaji ulang tujuan mereka bikin band, soalnya ada orang yang bisa dirugikan dari perbedaan tersebut,dan kesemua hal itu adalah contoh kecil dari sekian banyak masalah yang bakal dihadapi oleh sebuah band.
 Why…??? Kenapa sih ini bisa terjadi? Tips di bawah ini sekedar memberi gambaran umum di dalam menghadapi permasalahan2 tersebut,,,
Tips pertama samakan persepsi  Penyakit ini biasanya menjangkit pada band2 yang masih pemula dan belum punya persepsi yang mantap terhadap perkembangan bandnya itu sendiri.Mau kemana sih arah band ini?!…sekedar iseng atau punya visi dan misi seperti bikin demo cd terus dikirim ke major label?? atau aliran apa sih yang maw dimainkan???…cobalah untuk samakan persepsi antar sesama personel.
Tips kedua keterbukaan antar personel  Membangun sebuah band ibarat membangun sebuah keluarga..sebuah band dituntut harus kompak ,baik disaat senang ataupun susah ,.banyak band-band bubar karena mereka tidak segera menyelesaikan masalah dengan segera walau itu masalah kecil…sehingga kalau dibiarkan akan menjadi sebuah gunung es..yang siap meledak di kemudian hari!!..disinilah dibutuhkan sebuah katerbukaan baik berupa problem solving ,ide-ide ataupun saran yang membangun.
 Tips ketiga cari solusi dengan cara berdiskusi  Di dalam perjalanan sebuah band banyak nasalah yang sering timbul,masalah yang timbul biasanya berupa ketidaksiplinan latihan,kantong yang tipis ,mementingkan Ego: maunya menang sendiri,merasa mamiliki band tersebut dsb.Cara yang paling ampuh adalah berdiskusi bersama-sama,cari jalan keluar kalau bisa hindari voting ,biar keputusan yang diambil dapat memuaskan semua pihak.Bagi yang kalah jangan merasa jadi pihak yang kalah ,tetaplah berjiwa besar ,,yakinlah keputusan merupakan jalan yang terbaik untuk masa depan band itu sendiri,dan tetaplah loyal pada band.  
 Tips keempat bersikap Profesional  Mungkin diantara personel band kamu ada yang pacaran dengan personel lainnya,gak apa-apa jangan ngelarang mereka,,yang penting mereka bisa bersikap profesional.Ngeband ya ngeband, pacaran ya pacaran semua da tempatnya…jadi klo lagi berantem soal asmara jangan dibawa-bawa di tempat ngeband nanti bisa timbul masalah!!..
Tips kelima jaga kekompakan  Seiya sekata, saling peduli dan saling memiliki.Band bukan hanya tempat bermain,tempat pelarian ataupun untuk kesenangan semata, tapi merupakan suatu tempat atau wadah diamana kit dapat menyatukan perbedaan dan dapat menuangkan beragam ekspresi seni dan jiwa dari masing-masing personel.  Semua masalah dia atas dapat diatasi asalkan kamu memiliki rasa kepedulian dan saling memiliki diantara personel…Kuncinya adalah kekompakan, seiya sekata dalam melangkah, namun jangan mengorbankan prinsip yang anggap kamu benar demi sebuah kekompakan,,,
Be yourself!!..


 By:   http://rumahmusikpati.wordpress.com

Tidak ada komentar: