Alkisah tentang band indie

Band Indie – Istilah band indie sering kali kita dengar sebagai band yang mandiri yang tidak terkukung pada keinginan pasar untuk menentukan warna musik mereka, Perdebatan tentang pengertian band ini sering kali terjadi diantara para pengamat music, namun pastinya pengertian band indie secara umum berarti gerakan bermusik yang berbasis dari apa yang kita punya, do it yourself, etika yang dimiliki mulai dari jenis musik y ang dimainkan, proses rekaman, mendistribusikan dan promosi dengan uang sendiri. Walaupun nantinya akan ada perbedaan lagi antara indie dengan D.I Y itu sendiri.

Dan biasanya karya-karya musik mereka diluar mainstream yang tengah berlaku, dimana biasanya mainstream berarti arus utama, tempat di mana band-band yang bernaung di bawah label besar, sebuah industri yang mapan. Band-band tersebut dipasarkan secara meluas yang coverage promosinya juga secara luas, nasional maupun internasional, dan mereka mendominasi promosi di seluruh media massa, mulai dari media cetak, media elektronik hingga multimedia dan mereka terekspos dengan baik.

Pada mulanya di Indonesia pengertian band indie lebih dikenal sebagai underground ini tak lepas dari evolusi rocker-rocker pionir era 1970-an sebagai pendahulu. Sebut saja misalnya God Bless, Gang Pegangsaan, Gypsy (Jakarta), Giant Step, Super Kid (Bandung), Terncem (Solo), AKA/SAS (Surabaya), Bentoel (Malang) hingga Rawe Rontek dari Banten. Mereka inilah generasi pertama rocker Indonesia

Kini seiring berjalan waktu banyak kontes maupun konser music yang mengusung band indie sebagai tema mereka. Ditambah lagi jika pada dahulu band-band indie sering kali kesulitan dalam memasarkan produk mereka, namun kini dengan kemajuan dan teknologi khususnya internet, pemasaran untuk karya-karya music mereka cenderung lebih mudah, dan pasar yang jelas.

@ http://kerockan.blogspot.com

1 komentar:

Anonim mengatakan...

We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community.
Your website offered us with valuable information to work on.
You've done an impressive job and our whole community will be grateful to you.

My web-site; barang promosi (http://pabrikhelmcustom.com/)