Tips Menyatukan Anak Band

Anak Band, rentan dengan perpisahan, bubar ditengah jalan juga ada yang bilang anak band ibaratnya orang yang sedang berpacaran, cocok-cocokan jika jodoh mereka akan terus lanjut mungkin sampai mencapai sukses yang mereka inginkan, tapi ada juga anak band yang bubar ditengah jalan, lalu mereka mencari lagi personil-personil yang baru yang mereka anggap sesuai dengan karakter anak band. Begitu beragamnya permasalahan yang dialami oleh anak band dan hal itu bisa diakibatkan berbagai macam faktor yang ada disetiap anak band yang sedang merintis jalur kesuksesan.

Tapi memang itulah faktanya yang terjadi di dunia Anak Band, itu semacam HUKUM ALAM bagi semua Anak band, dimana barangsiapa yang dapat mengatasi permasalahan tersebut, maka kemungkinan besar untuk meraih kesuksesan semakin besar, karena Anak Band sudah teruji mentalnya, sudah mengalami pahitnya berjuang di jalur musik.contohnya Anak Band yang sudah sukese : PETERPAN,ST12,The CANGCUTERs, dsb.
Dan jika Anak Band tidak bisa melalui dan menyelesaikan permasalahan dengan dengan baik maka akan tersingkirkan dari persaingan Band-band yang muncul begitu pesat.

Disini saya mencoba memberikan Tips yang semoga bermanfaat bagi Anak Band khususnya dalam merintis karirnya di dunia musik.

1. Anak Band harus mempunyai VISI yang jelas



Kenapa Anak Band harus memilki VISI ??
Visi adalah Pandangan ke depan tentang sesuatu yang ingin anak band capai, Gambaran tentang masa depan, Impian tentang sesuatu yang anak band bayangkan dan berakhir dengan kesuksesan yang akan diraih. Hal itu perlu dimiliki oleh Anak Band agar ada tujuan yang dicapai. Visi diibaratkan seperti "bahan bakar dalam mobil", mobil tanpa bahan bakar tidak dapa t bergerak maju. Anak Band dalam suatu BAND harus memiliki VISI yang sama disetiap personilnya, kenapa?? karena jika salah satu personil memilki tujuan yang berbeda , dipastikan dia tidak dapat ikut bersama-sama mencapai tujuan yang telah disepakati bersama oleh personil lain dan lebih extremnya lagi Band tersebut dapat bubar. Visi tersebut harus tergambar jelas pada setiap personil, dan untuk meraihnya anak band harus bisa menyusun puing-puing gambar yang tercerai berai untuk dapat meraihnya selangkah demi selangkah yang pada akhirnya keseluruhan gambar/mimpi yang tadinya hanya khayalan semata bisa diraih secara nyata digenggaman tangan anak band, dan saya tegaskan "Anak Band semua dapat melakukannya, tak ada yang tidak mungkin"
2. Harus Saling Bekerjasama

Bekerjasama untuk mencapai tujuan sangat diperlukan, pebagian tugas untuk mencapai tujuan sangat diperlukan jika band tersebut belum memiliki seorang manager, karena tugas anak band dalam mencari jam terbang jadi harus dilakukan sendiri oleh anak band.
3. Harus Saling Menghargai
Ini hal yang sangat penting bagi anak band, terkadang anak band ada tidak saling menghargai satu sama lainnya, ini terjadi biasanya pada hal teknik skill permainan dalam bermusik, terkadang dalam satu band ada saja saja personil yang kurang yakin akan skill salah satu personil lainnya sehingga si personil tersebut seakan kurang dihargai permainannya, itu bisa menjadi awal perpecahan suatu band. Hal yang penting bisa saya ingatkan bahwa"jangan ada yang merasa lebih diantara personil yang lain"

4. Harus Saling Percaya
Kepercayaan diantara
personil harus terus dijaga, setiap personil anak band sudah mempunyai porsinya masing-masing, baik dia vokal sudah bertanggung jawab atas dirinya sendiri, pemain gitar dan yang lainnya, harus bertanggung jawab pada posisinya masing2 dan terus meningkatkan profesional diri sehingga menjadi Band Profesional secara keseluruhan.
5. Harus Saling Terbuka
Jangan ada pembicaraan tanpa melibatkan personil lain, jadi semuanya tidak dilakukan secara sembunyi-sembunyi apalagi membicarakan segala kekurangan personil anak band lainnya dibelakng sepengetahuan anak band yang bersangkutan , hal itu tentu saja membuat gap diantara anak band sendiri, jadi intinya segala sesuatu harus dibicarakan secara terbuka dan tansparan dan keluarkan segala unek-unek .
5. Kekeluargaan
Sebenarnya didalam anak band yang sudah memiliki group band yang solid patut disukuri, coba kembangkanlah sikap kekeluargaan diantara personil, sebenarnya didalam band bukan hanya mencari tujuan mendapat kesuksesan materi saja, tapi jika anak band bisa menjaga kekeluargaan diantara personil maka materi sebenarnya hanyalah efek positif dari keberhasilan anak band menjaga silaturahmi antara personil band itu sendiri

mungkin itu saja tips dari saya, semoga bermanfaat bagi anak band diamanpun berada.

Tidak ada komentar: